Rabu, 20 Agustus 2014

Mobil Murah Sejagat Kini Bertenaga Listrik

Meski lebih dikenal sebagai mobil paling murah sejagat, Tata Nano sepertinya masih bisa mengikuti tren dunia sekarang ini. Karena meskipun berharga murah, Nano ternyata masih mampu menunjukkan inovasi teknologinya.

Hal tersebut Nano buktikan di ajang Geneva Auto Show yang saat ini sedang berlangsung.

Di ajang yang dimeriahkan oleh kelahiran lebih dari 100 mobil baru itu, Tata seolah tidak mau kalah dengan pabrikan-pabrikan besar lain dalam menunjukkan teknologi yang mereka miliki dengan memperkenalkan Tata Nano yang digerakan oleh tenaga listrik, bukan bensin seperti mobil konvensional lain.

Secara fisik, memang tidak banyak yang berubah di mobil India itu, tetap mungil. Nano versi listrik ini masih mampu berakselerasi dari 0-60 km/jam dalam waktu kurang dari 10 detik.

"Listrik akan menjadi bagian integral dari inisiatif kami untuk meluncurkan kendaraan ramah lingkungan. Indica Vista EV yang akan diperkenalkan di beberapa negara Eropa, mulai tahun ini bisa jadi contoh. Dan kami akan memperkenalkan kendaraan listrik di semua pasar yang lebih relevan," ujar Vice Chairman Tata Motors Ravi Kant di sela-sela gelaran Geneva Motor Show seperti detikOto kutip dari autoevolution, Kamis (4/3/2010).

Tata Nano versi listrik ini sendiri memang menggunakan platform tenaga dari baterai lithium ion yang sama dengan yang digunakan oleh Tata Indica Vista EV yang masih menjadi satu-satunya kendaraan listrik di lineup Tata saat ini.

Negara pertama yang akan dijajah oleh Nano listrik ini adalah Inggris dan negara-negara di Skandinavia.

Namun anehnya, kampung halaman Nano, India, ternyata tidak masuk dalam daftar negara yang akan dijajah mobil listrik mungil ini. Sehingga rakyat India sepertinya harus berpuas diri dengan Nano 'biasa' yang menggunakan mesin konvensional dengan bahan bakar bensin.

Padahal Eropa, selain akan dimasuki oleh Nano listrik sekitar 3 tahun lagi ternyata juga menjadi target utama pemasaran Nano bensin yang rencananya akan dikeluarkan tahun depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar