Jumat, 20 Juni 2014

Produsen Buat Lampu Motor Otomatis Hidup

Aturan motor menyalakan lampu di siang hari demi keselamatan masih dipandang sebelah mata oleh bikers. Produsen motor pun sebenarnya sudah siap dengan aturan ini. Produsen motor akan membuat motor yang lampunya otomatis menyala ketika mesin motor hidu

Hal tersebut disampaikan Head of Commerce Commitee Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Bambang Asmarabudi kepada detikOto di sela-sela pertemuan Federation of Asia Motorcycle Industries (FAMI) di Gumaya Tower Hotel Semarang, Jl Gajah Mada, Kamis (4/3/2010).

"Di Indonesia, peraturan itu masih himbauan. Tapi mungkin ke depan, industri juga bersiap membuat inovasi agar lampu nyala secara otomatis saat dihidupkan," paparnya.

Di negara lain, lanjut Bambang, sepeda motor diotomatisasi agar lampunya menyala saat mesin motor dihidupkan. Itu dilakukan karena ada peraturan lampu wajib dinyalakan pada siang hari.

Dalam pertemuan itu FAMI membahas masalah keamanan atau safety pengendara sepeda motor dan masalah lingkungan (environment).

Ia mengatakan, dalam pertemuan yang diikuti 7 negara itu, isu keselamatan dan lingkungan dibincangkan lebih banyak. Itu terkait dengan evaluasi bahwa sepeda motor harus aman dan tak merugikan lingkungan.

"Individu (pengendara) memang sangat berperan dalam isu keselamatan, tapi industri tak boleh tinggal diam," katanya.

Selain itu, industri dituntut menciptakan inovasi yang ramah lingkungan. "Agar polusi tak kian menjadi," imbuhnya.

Masalah-masalah itu dibagi dalam FAMI Meeting selama pertemuan dua hari, pada 3-4 Maret. Tiap anggota saling belajar mengenai peta, inovasi, dan prospek industri sepeda motor.

Dalam pertemuan itu, apa yang membanggakan dari Indonesia?

"Tingkat penjualannya. Tapi ini serius, tingkat penjualan terus meningkat dari waktu ke waktu," ujarnya sambil tertawa.

AISI merupakan anggota FAMI. Selain itu, anggota FAMI berasal dari 6 organisasi industri sepeda motor di Asia. Sekitar 100 orang hadir dalam FAMI Meeting kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar