Minggu, 25 Mei 2014

Gazal-1, SUV Buatan Anak Kampus di Arab

Bayangkan hal ini, Anda tengah duduk di ruangan kelas kampus dan dosen Anda datang dan berseru kepada seluruh kelas.

"Kalian semua dapat sedikit proyek semester ini. Saya ingin kalian mendesain sebuah mobil SUV!" titah sang dosen.

Hal itulah yang terjadi pada mahasiswa di King Saud University (KSU) Arab Saudi. Mereka diminta untuk membuat sebuah SUV yang disebut Gazal-1.

Namun, tentunya bukan sembarang SUV, buatan anak-anak sekolahan Arab ini harus mempertimbangkan lingkungan dan kultur dari penduduk Arab Saudi.

Gazal sendiri berasal dari kata Gazelle yang berarti Kijang atau rusa dalam bahasa Arab.

Dan memang dari dimensinya, seolah ini adalah SUV serba kaku khas padang pasir, namun untuk perguruan tinggi, mereka melakukan pekerjaan yang baik.

Seperti dilansir Autoblog, Kamis (4/3/2010) SUV berwarna hijau besar dipamerkan di gelaran Geneva Motor Show meski hanya berupa model dari proyek percontohan saja. .

Sebuah rencana bisnis telah disiapkan sejak Gazal-1 dibuat. Apakah Gazal-1 ini suatu saat akan terwujud menjadi mobil produksi? Kemungkinan masih jauh bara dari panggang api.

Namun, niatan universitas KSU untuk menggembleng siswanya untuk proyek seambisius seperti itu sangatlah perlu untuk melatih mahasiswanya. Untuk melatih insinyur muda yang dapat berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan otomotif di Arab Saudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar