Rabu, 25 Juni 2014

Suzuki Splash Dilepas Mulai Rp 139 Juta

Mobil mungil terbaru dari Suzuki Splash memang baru akan diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2010 mendatang. Nah untuk harganya, kami akan bocorkan untuk anda.

Suzuki Splash rencananya akan dilepas dalam 2 tipe yakni tipe standar dan tipe GL. Untuk tipe standar, bila segala perhitungan tidak berubah, maka akan dibanderol Suzuki dengan harga Rp 139 juta. Sementara tipe GL akan Suzuki lepas di harga Rp 145 juta.

Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho di sela-sela first drive Spalsh di Denpasar, Bali, Kamis (4/3/2010).

Kedua tipe dari mobil yang dikategorikan oleh PT Indomobil Suzuki sebagai mobil berjenis mini MPV ini memang tidak ada perbedaan yang signifikan di tampilannya.

Namun untuk beberapa detail kendaraan, tipe GL terlihat lebih modis dari tipe standarnya.

Karena di tipe GL, Suzuki mengaplikasi pelek palang sedangkan di tipe standar Splash masih menggunakan pelek 'biasa'.

Begitu juga dibagian interiornya. Di tipe GL, terdapat audio sistem dari JVC dan dilengkapi alarm. Sedangkan di tipe standarnya, kedua fitur itu tidak ada.

Sementara untuk dapur pacunya, mobil yang merupakan kakak dari Karimun Estilo dan adik dari Swift ini menggunakan mesin yang sama yakni mesin berkapasitas 1.2 liter yang mengusung transmisi manual 5 percepatan.

Jumat, 20 Juni 2014

Produsen Buat Lampu Motor Otomatis Hidup

Aturan motor menyalakan lampu di siang hari demi keselamatan masih dipandang sebelah mata oleh bikers. Produsen motor pun sebenarnya sudah siap dengan aturan ini. Produsen motor akan membuat motor yang lampunya otomatis menyala ketika mesin motor hidu

Hal tersebut disampaikan Head of Commerce Commitee Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Bambang Asmarabudi kepada detikOto di sela-sela pertemuan Federation of Asia Motorcycle Industries (FAMI) di Gumaya Tower Hotel Semarang, Jl Gajah Mada, Kamis (4/3/2010).

"Di Indonesia, peraturan itu masih himbauan. Tapi mungkin ke depan, industri juga bersiap membuat inovasi agar lampu nyala secara otomatis saat dihidupkan," paparnya.

Di negara lain, lanjut Bambang, sepeda motor diotomatisasi agar lampunya menyala saat mesin motor dihidupkan. Itu dilakukan karena ada peraturan lampu wajib dinyalakan pada siang hari.

Dalam pertemuan itu FAMI membahas masalah keamanan atau safety pengendara sepeda motor dan masalah lingkungan (environment).

Ia mengatakan, dalam pertemuan yang diikuti 7 negara itu, isu keselamatan dan lingkungan dibincangkan lebih banyak. Itu terkait dengan evaluasi bahwa sepeda motor harus aman dan tak merugikan lingkungan.

"Individu (pengendara) memang sangat berperan dalam isu keselamatan, tapi industri tak boleh tinggal diam," katanya.

Selain itu, industri dituntut menciptakan inovasi yang ramah lingkungan. "Agar polusi tak kian menjadi," imbuhnya.

Masalah-masalah itu dibagi dalam FAMI Meeting selama pertemuan dua hari, pada 3-4 Maret. Tiap anggota saling belajar mengenai peta, inovasi, dan prospek industri sepeda motor.

Dalam pertemuan itu, apa yang membanggakan dari Indonesia?

"Tingkat penjualannya. Tapi ini serius, tingkat penjualan terus meningkat dari waktu ke waktu," ujarnya sambil tertawa.

AISI merupakan anggota FAMI. Selain itu, anggota FAMI berasal dari 6 organisasi industri sepeda motor di Asia. Sekitar 100 orang hadir dalam FAMI Meeting kali ini.

Minggu, 15 Juni 2014

Meski CBU, Suzuki Optimistis Splash Diterima Pasar

Meski lahirnya diimpor secara utuh alias Completely Built Up (CBU) dan relatif lebih mahal, Suzuki meyakini Splash dapat menggaet pasar yang lebih luas lagi. Target 800 unit per bulan pun yakin mereka penuhi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho di sela-sela first drive Splash di Denpasar, Bali, Kamis (4/3/2010).

"Perbulan kita yakin Splash dapat terjual hingga 800 unit perbulan. Jadi target tahunan kita ada di angka 10 ribu unit pertahun," ujar Endro.

Dan karena prediksi penjualan mobil yang menjadi kakak dari Karimun Estilo dan adik dari Swift terbilang tinggi, maka Endro pun yakin prestasi penjualan produk-produk Suzuki akan pula terangkat.

"Tadinya target tahunan kami hanya sekitar 60 ribuan unit saja. Tapi karena ada Splash kami revisi jadi 70 ribu di tahun 2010 ini," ungkapnya.

Splash sendiri adalah mobil mungil anyar dari Suzuki yang akan dikeluarkan secara resmi pada tanggal 21 Maret mendatang. Mobil yang mengusung mesin 1.2 liter� dengan transmisi manual 5 percepatan.

Mobil ini rencananya akan dilepas Suzuki dalam dua tipe yakni tipe standar seharga Rp 139 juta dan tipe GL seharga Rp 145 juta.

Selasa, 10 Juni 2014

Riset Sepeda Motor Kurang

Pasar dan perkembangan industri sepeda motor dinilai cukup menggemberikan. Namun untuk riset dan pengembangannya (Research and Development) kurang dan harus ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Alat Transportasi dan Telematika Kementerian Perindustrian Budi Darmadi usai memberikan sambutan dalam Federation of Asia Motorcycle Industries (FAMI) Meeting di Gumaya Tower Hotel Semarang, Jl. Gajah Mada, Kamis (4/3/2010).

"Kalau R & D system mungkin sudah cukup baik, karena kita paham medan. Tapi untuk R & D teknologi, perlu ditingkatkan," katanya kepada detikOto.

Budi mengetahui untuk urusan R&D teknologi, terutama komponen, cukup mahal. Namun hal itu harus dilakukan agar industri sepeda motor terus berkembang.

"Karena itu, pertemuan antar industri motor penting. Ada sharing knowledge," jelasnya.

Budi yakin industri sepeda motor akan terus tumbuh. Tiap tahun, rata-rata 5-6 juta unit sepeda motor terjual. Jumlah itu membuat Indonesia sebagai salah satu leader di Asia.

Kamis, 05 Juni 2014

Audi A6 Facelift Meluncur 11 Maret

Pasar sedan premium sepertinya bakal sedikit bergairah, ketika PT Garuda Mataram Motor, sebagai pemegang merek Audi di Indonesia menepati janjinya. GMM akan meluncurkan Audi A6 Facelift 11 Maret 2010.

Audi A6 yang sempat nongkrong di film Transporter, merupakan sedan premium yang jelas-jelas menawarkan sebuah kenyamanan yang mewah, dengan pencitraan yang khas ala Audi, namun tetap mengedepankan performa.

Meskipun perubahannya tidak banyak, namun tampilan baru pada bagian grill dan bumper depan, juga di bagian buritan, termasuk lampu utama kini sudah mengusung teknologi LED daylight dunning light yang hemat energi, membuat A6 lebih segar.

GMM pun memastikan akan membawa Auid A6 facelift dengan mesin 3.0 TFSI Supercharged V6 yang juga dilengkapi Continuously Variable Transmission (CVT) dengan Driver-selectable Shift Points, 6 speed otomatis Quattro AWD system.

Fitur-fitur lain, seperti Servotronic Speed Sensitive Steering membuat pengemudi bisa mendapatkan kenyamanan pada kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi secara elektronik.

Segala kelengkapan tersebut, membuat Audi merasa yakin, sedan premiumnya A6 ini bisa bersaing dengan kompetitor langsung, seperti BMW seri 5 dan Mercedes E-Class.

Sayangnya, belum ada keterangan resmi mengenai rincian sspesifikasi maupun rentang harga yang akan ditawarkan oleh Garuda Mataram Motor. Namun, jangan khawatir, pantau terus detikOto!